Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya (2)

Posted by Moh Duro On 20 November, 2012
Jenis Kabel dan Penggunaannya (2) | Pada tulisan sebelumnya kita ketahui beberapa jenis kabel yang berdasarkan fungsinya yaitu Kabel sebagai Penghantar arus listrik tenaga (Power Cable). Berikut adalah beberapa jenis Kabel sebagai Penghantar arus listrik data dan informasi.

Kabel sebagai Penghantar arus listrik data dan informasi
Kabel Jenis ini diantaranya adalah seperti kabel telepon, kabel Coaxial, kabel Serat Optik, Kabel USB maupun kabel pada Perangkat Audio-Video.

Kabel Telepon
Macam-macam kabel telepon diantaranya, aerial cable (kabel atas tanah), indoor cable (kabel rumah), burial cable (kabel tanam) dll.
Aerial cable, kabel jenis ini merupakan kabel telepon yang digunakan diluar ruangan atau diudara bebas yang dipasang antara satu tiang telepon dengan tiang yang lainnya.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Ket :
1. Penghantar tembaga
2. Pita polyester
3. Kawat galvanis baja bulat (untuk menarik/penyangga kabel antar tiang)
4. Selubung luar polyethylene
Indoor Cable, kabel jenis ini merupakan kabel telepon yang digunakan didalam ruangan/rumah.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Buried Cable, merupakan jenis kabel yang tertanam dalam tanah
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Kabel Coaxial
Kabel jenis yang memiliki impedansi rendah sekitar 80 ohm, redaman yang rendah dan umumnya digunakan untuk frequensi tinggi. Contohnya seperti : Kabel antenna.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Kabel Serat Optik
Merupakan jenis kabel (media) transmisi yang dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas yang besar dan dengan kehandalan yang tinggi. Serat optic ini gelombang pembawa informasinya bukan merupakan gelombang elektromagnetik atau listrik, akan tetapi merupakan sinar atau cahaya laser.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Serat optic tersusun dari beberapa bagian yang memiliki fungsi dan indeks bias yang berbeda, diantaranya :
  • Core ( inti ) terbuat dari bahan kuarsa dengan kualitas tinggi berfungsi untuk melewatkan cahaya yang merambat dari satu ujung ke ujung lainnya.
  • Cladding ( Selubung ) Berfungsi sebagai cermin, untuk memantulkan cahaya agar dapat merambat ke ujung yang lain terbuat dari bahan gelas dengan indeks lebih kecil dari core (inti ).
  • Coating ( jaket ) berfungsi sebagai pelindung mekanis dan tempat code warna. Coating terbuat dari bahan plastik untuk melindungi serat optik dari kerusakan, tekanan perubahan temperatur dan sebagainya.
Kabel USB ( Universal Serial Bus )
Metrupakan kabel data yang digunakan untuk koneksi komputer dengan pheripheral atau peralatan tambahan pada komputer.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Kabel pada Perangkat Audio-Video
Terdapat beberapa format kabel video diantaranya seperti coaxial composit, RCA-komposit, s-video 3RCA, 5 RCA, HDMI dll. Kabel video berbeda dengan kabel audio analog dimana kabel audio berfungsi mentransfer sinyal berfrekuensi rendah 20 -20 Khz. Sedangkan kabel video berfungsi untuk mentransfer sinyal frekuensi tinggi 8 Mhz -10 Mhz seperti format NTSC.
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Kabel RCA Audio Video
Jenis-jenis Kabel dan Penggunaannya
Kabel HDMI Audio Video