Apa Yang Dimaksud Dengan Listrik ?

Posted by Moh Duro On 04 June, 2012
Apa Yang Dimaksud Dengan Listrik ? | Sebelum kita mengenal elektronika, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Listrik, Konduktor, Isolator dan Magnet.
  • Listrik
Listrik adalah aliran elektron-elektron dari atom ke atom pada sebuah penghantar.
Lebih jelasnya kita perhatikan bagian yang terkecil dari sebuah benda yaitu atom. Semua atom memiliki partikel yang disebut elektron yang terletak pada orbitnya dan elektron mengelilingi proton, perhatikan gambar berikut :
Dasar-dasar Kelistrikan dan Magnet
Contoh gambar diatas adalah atom yang paling sederhana yaitu atom Hydrogen (Atom Air), atom Hydrogen ini hanya mempunyai satu elektron yang mengelilingi satu proton. Sedangkan atom yang paling rumit adalah atom uranium. Atom ini mempunyai 92 elektron disekeliling inti proton. Semua benda (elemen) memiliki struktur atom tersendiri. Setiap elemen mempunyai jumlah elektron dan proton yang sama. Gambar berikut atom Uranium :
Dasar-dasar kelistrikan dan Magnet
Tembaga mempunyai 29 proton, elektron-elektronnya tersebar pada 4 baris orbit, yang paling luar hanya satu elektron. Ini adalah rahasia dari penghantar listrik yang baik. Setiap benda yang memiliki struktur atom kurang dari 4 orbit yang paling luar atau memiliki sifat daya hantar yang baik. Berikut gambar atom tembaga :
Dasar-dasar Kelistrikan dan Magnet
Bila benda yang memiliki struktur atom lebih dari 4 elektron pada garis orbit yang paling luar di sebut penyekat (bukan penghantar).Benda yang memiliki sedikit elektron pada garis orbit paling luar, elektronnya
lebih mudah berpindah dari orbitnya oleh tegangan yang rendah. Hal ini akan menyebabkan terjadinya aliran elektron dari atom ke atom.

Seperti telah kita pelajari bahwa atom mempunyai proton dan elektron, masingmasing partikel mempunyai gaya potensial (potensial force). Proton bermuatan positif, sedangkan elektron bermuatan negatif. Proton pada inti atom menarik elektron dan menahan elektron pada garis orbit selama muatan positif dari proton sama dengan muatan negatif dari elektron atau mempunyai listrik netral.

Bilamana terjadi muatan netral elektron yang beredar digaris orbit dapat dengan mudah berpindah jika elektron-elektron ditarik jauh oleh atom lain, atom itu menjadi bermuatan positif dan menjauhnya elektron yang ditarik oleh atom yang lain tadi mengakibatkan atom tersebut bermuatan negatif. Atom yang bermuatan
negatif (-) memiliki jumlah elektron yang berlebihan, sedangkan atom yang bermuatan positif (+) jumlah elektronnya sedikit atau kekurangan elektron.
Apa Yang dimaksud denagan listrik?
Muatan yang sama tolak menolak

Gambar di atas memperlihatkan perpindahan elektron berdasarkan percobaan bila sebuah batang karet (rubber rod ) digosok dengan kain wol, elektron-elektron akan berpindah dan berkumpul pada batang karet. Dengan demikian kain wol kondisinya menjadi kekurangan elektron , sedangkan karet memiliki kelebihan elektron menjadi bermuatan negatif.

Selanjutnya sentuhan batang karet kepada bola akan menyebabkan terjadinya perpindahan kelebihan elektron terhadap bola, dalam hal ini bola memiliki muatan yang sama dengan batang karet.

Apabila batang karet kita dekatkan lagi terhadap bola maka bola akan bergerak menjauhi batang karet seperti terlihat pada gambar. Dengan kata lain muatan yang senama akan tolak menolak. Dalam percobaan tersebut keduanya bermuatan negatif, jika keduanya bermuatan positif akan terjadi hal yang serupa.

Apa Yang Dimaksud Dengan Listrik ?
Muatan berbeda tarik menarik
Apa yang akan terjadi apabila kita dekatkan batang yang bermuatan negatif kepada bola yang bermuatan positif ? Gambar di atas memperlihatkan bahwa bola akan bergerak mendekati batang dan akan ditarik olehnya ( dalam hal yang sama batang yang bermuatan positif akan menarik bola yang bermuatan negatif). Dengan kata lain muatan yang tidak senama akan tarik menarik.

Demikian sekilas teori terjadinya Listrik, untuk selanjutnya kita pelajari apa itu Konduktor dan Isolator serta hubungannya dengan Magnet.